loading...

Jadwal Waktu Sholat dan Adzan Jakarta dan Seluruh Wilayah Indonesia

Jadwal Waktu Sholat dan Adzan Jakarta dan Seluruh Wilayah Indonesia

Jadwal Waktu Sholat – Setiap umat Islam, yang mengaku beriman kepada Allah dan Rasulnya pasti memiliki kewajiban-kewajiban yang harus ditunaikan setiap hari, terutama sholat. Dalam satu hari saja, umat muslim dikenai kewajiban melaksanakan sholat wajib 5 waktu.
Allah SWT telah berfirman dalam surah An-Nisa yang berbunyi
إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا
“Sesungguhnya sholat itu adalah fardhu/wajib yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman”. [ QS. An Nisa’ (4) : 103]
Sholat sendiri merupakan bagian dari rukun islam yang ke 2. Jadi belum dikatakan orang Islam jika dia tidak melaksanakan salah satu dari rukun Islam. Terutama sholat.
Setiap muslim diwajibkan untuk melaksankan ibadah ini. Karena ibadah sholat ini jugalah yang akan ditanya pertama kali saat ketika berada di yaumul hisab (hari perhitungan/hari akhir).
Untuk itu semua orang muslim harus mampu dan tau bagaimana cara melaksanakan ibadah sholat. Mulai dari syarat sah dan syarat diterimanya sholat, itu semua harus diketahui oleh setiap muslim.
Memang benar, bahwasannya ibadah sholat ini diwajibkan oleh setiap umat muslim yang telah mencapai akil baligh. Namun pembelajaran dan pengetahuan mengenai sholat harus diketahui anak muslim sejak dini.
Dengan begitu ketika anak muslim tersebut mencapai usia baligh, dia sudah siap dan tau semua tata cara untuk melaksankan sholat. Nah salah satu untuk melaksakan sholat fardhu / sholat wajib, umat muslim harus melaksanakannya ketika waktunya sudah tiba.
Berikut ini kami akan membantu Anda agar selalu bisa mengetahui jadwal waktu sholat fardhu. Karena dirasa melaksanakan sholat tepat waktu adalah termasuk amalan yang ganjarannya sangat besar sekali. Kami akan memberikan jadwal waktu sholat untuk seluruh wilayah Indonesia tidak lepas juga untuk wilayah kota-kota besar seperti Jakarta, Malang, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Solo, dll
Namun  sebelum itu, mungkin lebih baiknya kita memahami terlebih dahulu bagaimana cara menentukan waktu sholat tersebut yang diambil dari patokan jam matahari.
Daftar isi [buka]

Penentuan Jadwal Waktu Sholat

jadwal sholat seluruh Indonesia
Sebetulnya, awal mulanya umat Islam bisa menentukan waktu sholat adalah dengan menggunakan pergerakan matahari, yang mana dalam lima waktu sholat tersebut ada jarak dan bisa dilihat melalui matahari.
Sebab pada zaman dahulu, kaum muslimin belum menemukan teknik hisap atau perhitungan falak maupun astronomi. Oleh karena itu, waktu sholat pada saat itu ditentukan dengan menggunakan matahari yang menunjukkan gejala alam langsung dan terlihat jelas.
Seiring perkembangan zaman waktu sholat bisa ditentukan lebih efektif dari pada zaman dahulu yang masih menggunakan pergerakan alam. Contoh misalnya penemuan jam surya dan jam matahari juga jam istiwa atau sering disebut tongkat istiwa.
Nah berikut ini adalah waktu sholat lima waktu yang diambil berdasarkan sudut pandang fiqih di berbagai kitab fiqih yang terpercaya dan dibuat rujukan oleh kaum muslimin.

Waktu Subuh

Waktu sholat subuh untuk adalah ketika munculnya Fajar Shidiq sampai terbitnya matahari (syuruq). Fajar Shidiq maksudnya adalah terlihatnya cahaya putih yang melintang  mengikut garis lintang ufuk di sebelah Timur akibat pantulan cahaya matahari oleh atmosfer.
Waktu sholat subuh akan berakhir dengan tanda munculnya matahari penuh bulat menyinari bumi dan juga tanda sebagai waktu dhuha.

Waktu Dzuhur

Pada waktu dzuhur, istilah waktu ini juga disebut dengan waktu Istiwa (zawaal). Yakni yang artinya tengah hari. Pada saat itu, yaitu waktu Istiwa kita umat muslim dilarang untuk melaksanakan ibadah sholat baik, sholat wajib ataupun sunah.
Setelah itu, waktu sholat dhuhur tiba ketika matahari lebih condong ke barat. Secara teoritis jarak antara waktu istiwa dengan masuknya waktu sholat dzuhur kurang lebih cuma 2 menit. Namun untuk berjaga-jaga para peneliti dan para ulama sepakat untuk menambahkannya menjadi 4 menit.

Waktu Ashar

Menurut Imam Syafi’i, Hambali, Maliki, dari ketiga mazhab tersebut, waktu masuknya sholat ashar boleh dilaksanakan adalah ketika panjang bayang-bayang benda melebih panjang benda itu sendiri.
Lain lagi dengan mazhab Imam Hanafi, yang mana meliki pendapat bahwasannya waktu sholat ashar tiba dan boleh dilaksanakan yakni ketika panjang bayang-bayang benda tersebut melebihi 2 kali panjang benda itu sendiri.
Dari pendapat-pendapat tersebut tidak ada satupun yang salah, sebab dari ke empat mazhab tersebut memiliki dasar dengan dalil-dalil yang kuat yang dijadikan landasan dan pedoman menentukan waktu sholat.

Waktu Maghrib

Kita bisa melihat dan mengetahui waktu maghrib telah tiba yaitu dengan adanya tanda ketika matahari sudah terbenam di ufuk sampai hilangnya cahaya merah di langit barat (syafaq)

Waktu Isya

Waktu isya ditandai dengan hilangnya cahaya merah dilangit barat. Dari hal ini, ada perbedaan pendapat ulama yang menjelaskan mengenai waktu berakhirnya sholat isya.
Ada yang berpendapat bahwa waktu isya berakhir ketika tengah malam, ada juga yang lainnya berpendapat berakhirnya waktu isya yaitu ketika terbitnya waktu fajar shidiq di langit timur.
Namun kita sebagai muslim yang taat dan mengikut dari pendapat para ulama tidak perlu untuk memperdepatkannya. Meskipun waktu sholat isya itu terbilang panjang, tapi sebaiknya kita melaksanakannya di awal waktu.
Tidak ada salahnya kita melaksanakannya dengan tepat waktu. Ditambahlagi pahala yang teramat besar yang menjadikan sebuah perbedaan kecil tersebut tidak begitu penting untuk diperdebatkan. Fokus pada diri sendiri dan pada memperbaiki diri untuk bisa menjadi hamba yang sholih.

Waktu Imsak

Waktu imsak datang saat sebelum 10 menit waktu subuh datang. Pada waktu imsak juga akan berakhir ketika datangnya waktu shubuh. Diambilnya waktu imsak yakni dari Ijtihad ulama yang mana pada masa Rasullah jeda waktu sholat setara dengan membaca Al-Quran sebanyak 50 ayat, lalu diartikan dengan hitungan waktu 10 menit itu.
Pada waktu imsak juga menandakan bahwa waktu sholat shubuh akan tiba, dan pertanda juga bahwa waktu sahur akan segera berahir. Dimana waktu sahur batasnya adalah tibanya waktu shubuh, maka kita saat hendak berniat puasa di anjurkan untuk mengurangi aktivitas makan dan minum.
Buka berarti sahur sudah tidak boleh, tapi sebaiknya disudahi dan selesai pada waktu imsak. Sebab dikhawatirkan jika kita masih makan terus saja, maka waktu shubuh datang dan kita yang niat puasa bisa-bisa akan batal.
Tapi ingat ya, buka berarti tidak boleh sahur saat di waktu imsak. Boleh-boleh saja, silakan asalkan tau waktu dan tau kondisi apa yang akan dimakan. Bila itu memakan waktu lama, maka sebaiknya kita simpan untuk berbuka saja. Tapi misalkan minum, makan makanan ringan, maka itu gak boleh-boleh saja.

Waktu Sholat Sunnah

Dalam Islam, ibadah sholat sunnah ada banyak sekali. Ibadah sholat sunnah juga tidak ada patokan khusus untuk melaksanakannya, tapi juga ada waktu sholat sunnah yang sudah dijelaskan dan ditentukan oleh Rasulullah SAW untuk melaksanakan sholat sunnah.
Contoh sholat sunnah yang tidak ada waktu khusus melaksanakannya adalah sholat sunnah tahiatul masjid, yaitu sholat sunnah ketika masuk dan sebelum duduk di dalam masjid yang dimasuki. Sholat sunnah sesudah melaksanakan wudhu dan lain sebagainya.
Sholat-sholat sunnah yang disebutkan di atas, adalah termasuk sholat sunnah yang tidak dijelaskan waktu khusunya. Artinya bisa dilaksanakan kapan saja ketika dia telah melaksanakan atau melakukan sesuatu.
Nah waktu sholat sunnah yang dijelaskan oleh Rasulullah SAW kepada umatnya berdasarkan waktu pelaksanaannya yaitu sebagai berikut.
Sholat Dhuha – Boleh dilaksanakan ketika waktu matahari baru naik dengan sempurna (mengikut pandangan beberapa ulama, pada ketinggian segalah atau tujuh hasta) atau sekitar 3,5° ketinggian Matahari.
Sholat Ied – Yakni dilaksanakan pada waktu pagi hari raya yang mana dikedua hari raya setiap tahun itu sama pelaksanaanya. Biasanya sholat ied mulai dilaksanakan pada waktu Dhuha yaitu saat waktu matahari baru naik (mengikut pandangan sebagian ulama, kurang lebih pada ketinggian segalah)
Sholat Tarawih – Biasa dilaksanakan pada waktu Isya’ (sholat tarawih sudah biasa dilaksanakan pada waktu malam sehabis sholat isya dan biasa dikerjakan pada bulan ramadhan secara berjamaah hingga waktu batas imsak)
Sholat Sunat Gerhana – Dilaksanakan ketika waktu gerhana  sedang terjadi (matahari maupun bulan).
Sholat Sunat Rawatib – Dilaksanakan ketika waktu sholat fardhu yakni sebelum dan selepas. Namun tidak semua sholat mempunyai kedua-duanya sholat sunnah.

Waktu Haram Sholat

Berikut ini ialah waktu yang diharamkan sholat (sebagian ulama mengatakan berlaku bagi selain tanah haram):
Waktu selepas sholat Subuh hingga terbit matahari.
Waktu mulai terbit matahari (syuruk) hingga matahari berada di kedudukan pada kadar segalah (tujuh hasta).
Waktu rambang (zawal, istiwa, rembah) atau waktu tengahari (matahari tegak) hingga gelincir matahari kecuali hari Jumaat.
Waktu selepas sholat Asar hingga matahari kekuningan.
Waktu matahari kekuningan hingga matahari terbenam.

Jadwal Waktu Sholat Untuk Seluruh Wilayah Indonesia

Bagi kalian yang ingin update terus dan mengetahui jadwal waktu sholat di seluruh Indonesia terutama di kota-kota besar, maka kami akan memberikan jadwal tersebut dan selalu aktif dan terbaru. Berikut ini jadwal-jadwalnya kalian bisa lihat langsung.
Untuk pemakaiannya juga, kalian bisa sesuaikan sendiri asal mana atau kalian di tempat mana saat ini dan pilih kota yang kalian berada sekarang. Dengan begitu jadwal sholat dengan sendirinya menyesuaikan dimana kalian berada.
Tidak terlepas juga di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Solo, dan seluruh wilayah Indonesia bisa disesuaikan.

Jadwal Waktu Sholat Hari Ini

Nah ini adalah jadwal sholat simpel dan langsung bisa dilihat jika kalian sudah tau persis ada dimana lalu ingin mengetahui jadwal sholat hari ini. Kami juga akan memberikan informasi paling update terlebih dari jadwal sholat selama setahun penuh di tahun 2018. Terutama di jadwal sholat di kota Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Solo, dll.

Itulah sedikit penjelasan dan informasi yang bisa kami sampaikan mengenai jadwal sholat di seluruh wilayah Indonesia. Harapanya penulis adalah kalian bisa mengetahui jadwal waktu sholat dan bisa melaksanakan sholat tepat waktu. Sehingga wacana ini menjadi amal jariyah yang menampah pahala saya sendiri.. amin..
Begitu saja semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar